DONASI

/DONASI
DONASI 2017-10-13T11:02:34+00:00

NO. REKENING BANK SUMSEL BABEL SYARIAH : 807.09.01409

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang dia kehendaki. dan Allah Maha luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.

(Q.S. Al-Baqoroh : 261)

لَا تَقُمْ فِيهِ أَبَدًا ۚ لَمَسْجِدٌ أُسِّسَ عَلَى التَّقْوَىٰ مِنْ أَوَّلِ يَوْمٍ أَحَقُّ أَنْ تَقُومَ فِيهِ ۚ فِيهِ رِجَالٌ يُحِبُّونَ أَنْ يَتَطَهَّرُوا ۚ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُطَّهِّرِينَ

sesungguh- nya mesjid yang didirikan atas dasar taqwa (mesjid Quba), sejak hari pertama adalah lebih patut kamu sholat di dalamnya. di dalamnya mesjid itu ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. dan Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bersih.

(Q.S. At Taubah : 108)

Latar belakang :

Masjid terambil dari kata sujud yang berarti taat, patuh dan tunduk dengan penuh hormat. Meletakkan dahi, kedua telapak tangan dan jari – jari kaki adalah bentuk lahiriah yang paling nyata dari makna – makna diatas. Dari sini bangunan yang secara umum digunakan untuk sujud, shalat dan mengabdi kepada Allah, Tuhan Yang Maha Esa, dinamai masjid, yang juga terambil dari akar kata sujud.

Dari akar katanya, dipahami bahwa masjid bukan hanya berfungsi sebagai tempat meletakkan dahi yakni sujud dalam shalat, tetapi juga adalah tempat melakukan aktifitas yang mengandung makna kepatuhan kepada Allah SWT, atau paling tidak tempat mendorong lahirnya aktifitas yang menghasilkan kepatuhan kepada-Nya. Karena itu, Nabi Muhammad SAW bersabda, “telah dijadikan untukku dan amalku seluruh persada bumi sebagai masjid dan saran penyucian“. (H.R.Bukhari dan Muslim melalui Jabir bin- Abdillah).

Disini sekali lagi, bertemu dengan kata sujud dan masjid dan ter-padunya aktivitas sujud yakni kepatuhan kepada Allah dan fungsi serta peranan masjid.Semua yang dapat mengantar manusia pada kepatuhan kepada Allah merupakan bagian dan aktivitas kemasjidan. Karena itu, dimasa Rasulullah SAW, Masjid Nabawi di Madinah memiliki tidak kurang dari sepuluh fungsi dan berperan sebagai tempat :

  1. a) Sholat dan zikir, b) Pendidikan, c) Santunan sosial, d) Konsultasi dan komunikasi ekonomi sosial dan budaya, e) Latihan militer, f ) Pusat kesehatan, g) Pengadilan dan penyelesaian sengketa, h) Pusat penerangan, i) Tahanan, j) Tempat penampungan.

Kesemuanya diarahkan sesuai dengan keberadaan masjid sebagai tempat sujud kepada Allah dalam pengertiannya yang luas. Tentu saja dewasa ini, akibat perubahan zaman dan perkembangan masyarakat, sebagai fungsi – fungsi tersebut telah diambil oleh lembaga – lembaga lain. Kendati demikian, paling tidak dari masjid harus lahir uraian dan aktivitas yang mengarahkan manusia kepada sujud, patuh dan tunduk kepada Allah SWT, karena semua masjid adalah milik-Nya :

وَأَنَّ الْمَسَاجِدَ لِلَّهِ فَلَا تَدْعُوا مَعَ اللَّهِ أَحَدًا

MASJID JAMIK ASY SYECH YAHYA MENERIMA DONASI BAGI PARA HARTAWAN DAN DERMAWAN UNTUK MEMBANTU :

  1. KEGIATAN TPQ YANG MEMBUTUHKAN DANA RP. 2000.000,- UNTUK OPERASIONALNYA
  2. KEGIATAN HARI JUMAT Rp 225.000,- UNTUK INSENTIF PETUGAS JUMAT
  3. KEGIATAN TAUSIYAH SETIAP HARI KAMIS Rp 200.000,- UNTUK INSENTIF PETUGASNYA
  4. HONOR MUDIM Rp 1.000.000,-
  5. BAYAR LISTRIK Rp 400.000,-
  6. BAYAR AIR    Rp 200.000,-
  7. HONOR KAJIAN REMAJA MASJID DAN OPERASIONALNYA Rp 1.000.000

Jadi jumlah biaya operasional setiap bulan adalah sebesar Rp 5.025.000

Sedangkan dana yang didapat setiap jumat sebesar Rp 4.000.000,-

Dana operasional setiap bulan Rp 5.025.000,- belum termasuk dana untuk tambal sulam.

jadi kami mohon kepada Bapak / Ibu / Sdr / Sdri untuk dapat membantu operasional masjid kami ini, semoga bantuan Bapak / Ibu / Sdr / Sdri  menjadi pahala yang mengalir terus hingga akhir hayat amin.